Libya Hampir Berhasil Rebut Kembali Sirte dari ISIS



Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Ash Carter, menyatakan bahwa pasukan Libya, yang didukung AS, hampir berhasil menaklukkan ISIS dan merebut pertahanan terakhir mereka di Kota Sirte.


Carter mengatakan kerja sama pasukan Amerika dengan Libya, telah menyudutkan area kekuasaan ISIS hingga hanya tersisa satu wilayah kecil di Libya yang masih dikuasai ISIS.

"Saya harap mereka (ISIS) bisa diberantas, sesegera mungkin menghabisi lawan yang tersisa," ucap Carter dalam konferensi pers di London, Rabu (7/9), dikutip dari Reuters.

Pasukan Libya memberi keterangan pada Sabtu (8/9) bahwa mereka kini memasuik wilayah pertahanan terakhir ISIS di negara itu.

ISIS memanfaatkan perpercahan politik yang terjadi setahun lalu di Libya untuk merebut Sirte, dan menggunakannya untuk markas militan mereka di Libya. Kehilangan kota Sitre, akan menambah daftar kemunduran ISIS yang juga mereka rasakan di Suriah dan Irak.

Kampanye Sirte adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi Libya dari sekian banyak tantangan lainnya. Pada kampanye tersebut, pemerintah Libya berusaha menyatukan kembali faksi-faksi yang bertikai yang memecah belah negara sejak kejatuhan pemimpin Libya akibat kudeta, Muammar Gaddafi, pada 2011.

Carter mengatakan, AS tidak akan menghentikan bantuannya ke Libya ketika Sirte berhasil direbut kembali.

Sumber : http://www.cnnindonesia.com/internasional/20160908150600-127-157035/libya-hampir-berhasil-rebut-kembali-sirte-dari-isis/
Previous
Next Post »